Berapa Sih Biaya untuk Menikah di Samarinda?

Hello guys, karena banyaknya pertanyaan oleh orang sekitar aku, terutama temen-temen aku yang belum menikah tapi akan berencana menikah, seputar hal berapa sih budget untuk resepsi pernikahan? apa aja yang harus disiapkan, dll. Atas dasar itulah aku membuat artikel ini, silahkan disimak guys ;)

Untuk kalian yang berencana menikah dan mengadakan resepsi dengan tamu undangan yang banyak, maka tidak bisa dipungkiri akan menghabiskan sejumlah uang yang cukup banyak, diantara lainnya 60% dari biaya keseluruhan yang akan dihabiskan adalah untuk biaya catering makanan, karena sejumlah catering memberlakukan harga yang bervariasi untuk per porsinya, mulai dari 25rb sampai dengan 60rb per porsi bahkan bisa juga lebih, tinggal kalian kalikan saja dengan jumlah undangan kalian, lalu di kali dua, maka didapatlah jumlah porsi yang kalian wajib siapkan untuk menyambut tamu kalian. Misal kalian menggunakan jasa catering dengan harga 30rb per porsinya, dan kalian akan mengundangan sekitar 500 orang, maka makanan yang wajib disiapkan adalah sebanyak 1000 porsi, dengan demikian didapat biaya catering sebesar 30rb x 1000 = 30jt. 

Pintar-pintar lah dalam memilih jasa catering, dan jangan lupa untuk berkeliling untuk membandingkan harga, sehingga kalian dapat menemukan catering dengan harga yang paling hemat, dan kalau bisa juga ditawar agar dana sisanya bisa kalian manfaatkan untuk hal yang lainnya. Apabila memiliki keluarga yang pintar memasak tidak ada salahnya menggunakan jasa mereka, karena biaya yang dikeluarkan bisa lebih dihemat dibanding menggunakan jasa catering.

Selain catering, hal kedua yang membutuhkan dana yang cukup besar adalah dekorasi dan gedung, jika kalian mengadakan acara di rumah maka kalian tidak harus pusing memikirkan biaya sewa gedung, karena mungkin hanya akan menyewa jasa tenda di depan rumah dengan biaya yang tidak seberapa besar. Untuk dekorasi pun, semakin besar dan luas tempat yang digunakan untuk acara maka semakin mahal pula lah biaya untuk dekorasinya. Contoh untuk di Samarinda, biaya dekorasi untuk acara di Gedung Serbaguna GOR Sempaja jauh lebih mahal dibanding biaya dekorasi di Gedung PKK. Kisaran biaya untuk dekorasi di Gedung Sempaja berkisar antara 20-70 jt bahkan bisa lebih apabila menggunakan dekorasi yg VIP, karena gedung yang luas tentu pengerjaan dekorasinya lebih rumit. Maka bijaklah dalam menentukan tempat acara kalian, karena gedung yang besar, biaya sewanya mahal, biaya dekorasinya pun akan mahal. Sedangkan harga untuk dekorasi di rumah yang tidak terlalu luas tentu lebih hemat dibanding dekorasi di gedung. Untuk biaya dekorasi sendiri sebenarnya bervariasi dari tiap salon, berkelilinglah untuk membandingkan harga agar sesuai dengan budget yang kalian anggarkan. Untuk di salon standar, biaya dekorasi di gedung ukuran sedang berkisar antara 8 jt - 30 jt, tergantung jenis dekorasi yang diinginkan, apabila lebih bagus dan rumit pengerjaannya, maka lebih mahal pula harganya.

Berikut ini aku berikan rincian harga sewa gedung di Samarinda berdasarkan survei pribadi pada pertengahan tahun 2016.

Gedung BKOW Lembuswana : 26 jt
Gedung Serbaguna GOR Sempaja : 15 jt
Gedung Islamic Centre (yang besar di tengah) : 25 jt
Gedung Islamic Centre (yang kecil di samping) : 10 jt
Gedung Taman Budaya Terbuka : 7,5 jt
Gedung Taman Budaya Tertutup : 5 jt
Gedung Dinas Kehutanan : 10 jt
Gedung Disnaker Kemakmuran : 11 jt
Gedung Pramuka : 9 jt
Gedung PKK M.Yamin : 5,5 jt
Aula Fastabiqul Khairat Villa Tamara : 6,8 jt
Gedung PKK Terbuka Taman Cerdas : 2,6 jt
Aula MTS Model : 4 jt
*Jika menurut kalian ada kesalahan pada harga, boleh ralat di kolom komen di bawah ya, thank you

Setelah menentukan tempat acara, hal lain yang perlu disiapkan adalah kursi serta sarung kursi, kisaran harga untuk kursi dan sarungnya adalah sekitar 5rb -10rb untuk kursi dan sarung yang biasa. Selain itu yang perlu disiapkan adalah kipas angin atau AC jika kalian menggunakan tempat yang tertutup. Harga utk sewa ac stand yang besar perharinya sekitar 500rb sampai 1 jt per unitnya.

Selain hal di atas biaya yang membutuhkan dana khusus adalah untuk biaya hiburan dan MC. Untuk menggunakan jasa band biayanya sekitar 3,5 jt - 10 jutaan, tergantung kelengkapan alat dari band nya sendiri, selain itu untuk jasa MC biasanya berkisar 1 jt per harinya per orang, atau bahkan bisa lebih jika MC tsb adalah MC yang sudah berpengalaman dan cukup terkenal.

Bagian yang tidak kalah penting adalah Make up pengantin, nah saran dari aku jika ingin menghemat pengeluaran, maka pilihlah jasa salon pengantin yang menyediakan paket dekorasi termasuk make up, baju dll, karena biayanya biasanya jadi lebih hemat. Tapi jika kalian berbudget lebih silahkan cari jasa make up artist tersendiri yang terpisah dari jasa dekorasi yang kalian pilih, dan tentunya jasa MUA a.k.a make up artist ini sendiri bisa merogoh kocek yang cukup besar, apalagi jika MUA tsb sudah sangat terkenal dan make up nya memang sangat bagus dan flawless, biayanya bisa mencapai puluhan juta untuk make up nya saja.

Souvenir dan undangan pun tidak dapat terlupakan, meskipun bukan salah satu dari yang menguras anggaran paling besar. Untuk souvenir sendiri bervariasi harganya dari mulai 1000 rupiah sampe puluhan ribu, itu tergantung jenis souvenir yang kalian pilih. Harga undangan pun begitu, untuk undangan dengan desain dan kertas kualitas biasa atau standar biasanya berharga sekitar 2000 sampai 3000 rupiah per pcs, sedangkan untuk undangan hardcover/ tebal, biasa berharga 5rb - 40 rb, tergantung tingkat kerumitan pengerjaannya. Biasanya semakin banyak jumlah yang kalian order, semakin murah harga undangannya, jangan lupa untuk minta diskon dengan penjualnya ya.

Yang terakhir dan yang paling penting adalah kalian harus mengurus surat menyurat di KUA, dan ini tidak dikenakan biaya.. Untuk biaya akad nikah, biaya yang dikenakan untuk administrasinya jika memanggil petugas KUA ke luar kantor (misal kalian melaksanakan akad di mesjid atau di rumah) sebesar 600rb, itupun langsung disetorkan ke bank yang telah ditunjuk. Jika ingin menghemat kalian bisa melaksanakan akad nikah di kantor KUA saja, karena tidak terkena biaya, selama masih dalam jam kerja.



Selain persiapan hal di atas, jangan lupa juga untuk persiapan mental, fisik dan finansial. Karena pernikahan bukan sekedar akad dan resepsinya saja. Acara tsb hanya berlangsung dalam 1 atau 2 hari, sedangkan pernikahan kita akan berlangsung sepanjang hidup kita. Fisik kita harus dijaga agar tetap sehat, mental kita pun harus sehat agar dalam berumah tangga ketika menghadapi masalah tidak akan mudah berucap cerai, dan dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul dengan akal sehat. Selain itu jangan lupa pula untuk jaga keuangan tetap baik, karena dalam berumah tangga, akan muncul biaya-biaya tambahan di luar biaya selama hidup sendiri, terutama karena lelaki akan menanggung nafkah istrinya, belum lagi jika istri sakit atau bahkan melahirkan sehingga membutuhkan biaya yang cukup untuk melahirkan di rumah sakit contohnya, belum termasuk biaya lain misal jika kalian akan berencana membeli rumah beserta isinya, hal ini akan sangat menguras kantong, maka jagalah kesehatan keuangan kalian baik-baik ya. Akan lebih baik jika dalam mengadakan acara resepsi pernikahan tidak terlalu berlebihan, yang sederhana dan secukupnya saja, karena acara resepsi pernikahan hanya sehari, sedangkan pernikahannya berlangsung seumur hidup, tentu lebih baik dananya disalurkan untuk keperluan selama menjalani rumah tangga kan :)

Setelah membaca rincian yang aku jabarkan di atas, kalian pasti sudah dapat bayangan kan, kira-kira berapa dana keseluruhan yang akan dikeluarkan untuk acara kalian. Semoga yang berniat menikah segera dipertemukan dengan jodohnya, dan yang akan segera menikah dilancarkan jalannya menuju hari H ya. Akhir kata, semoga artikel saya dapat bermanfaat khususnya bagi temen-temen yang akan menikah. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau ralat info terbaru bisa mengisi kolom komentar ya guys. Semangat untuk menikah, semangat untuk menyempurnakan separuh agama! :)





Komentar

  1. Recomend dong ..harga sewa gedung d bawah 5 juta di samarinda. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    BalasHapus
  3. Untuk informasi sewa nya bisa hubungi ke mana ya untuk yg taman cerdas?

    BalasHapus

Posting Komentar